Friday, August 10, 2012

Lurah Bidara Cina Minta Sumbangan Pada PKL

Kompas.com - Kelurahan Bidara Cina hari ini mengedarkan surat kepada pengusaha, toko, dan pedagang kaki lima (PKL). Isinya meminta partisipasi untuk memberikan sumbangan paket hadiah Lebaran. Dalam surat itu tertulis, paket hadiah rencananya diberikan kepada tenaga Satpol PP dan PHL di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur.

Dalam rincian, surat tersebut memiliki kop surat dari Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Administrasi Jakarta Timur. Paket hadiah, dalam surat itu, tertulis akan diserahkan kapada Salpol PP dan PHL Kelurahan Bidara Cina sejumlah 40 orang dan 10 tenaga kebersihan. Dalam surat tertulis, perihal 'mohon partisipasi', bernomor 349/1.755, dengan sifat 'penting', dan ditujukan kepada perusahaan, toko, serta pedagang kaki lima.

Nasrudin, Lurah Bidara Cina, yang dimintai konfirmasi terkait surat yang diedarkan tersebut, membenarkan bahwa pihaknya mengedarkan surat tersebut. "Itu buat yang bukan PNS, kasihan. Kami kan juga memang nggak bisa ngasih THR-nya, karena nggak ada anggaran," ujar Nasrudin, kepada wartawan, saat dihubungi, Rabu (8/8/2012) sore.

Menurut Nasrudin, surat itu memang sifatnya tidak diwajibkan. Hanya ditujukan bagi mereka yang mampu saja. "Itu kepada pengusaha di situ yang mampu, barangkali ada zakatnya, disalurkan, mohon dibantu begitu, jumlahnya ngga diwajibkan. Suratnya cuma 30 apa 50 lembar saja," kata Nasrudin.

Wali Kota Jakarta Timur, Murdhani, mengatakan akan segera memberi sanksi kepada lurah yang dimaksud. Menurut dia, pejabat tidak dibenarkan meminta bantuan dana untuk alasan apapun.

"Nanti saya panggil dia. Itu tidak benar," ujar Murdhani, yang dihubungi wartawan. Lebih jauh, terang Murdhani, PKL dan pemilik usaha tidak memiliki kewajiban untuk memberi sumbangan kepada aparatur pemerintah. "Sudah salah tindakan seperti itu. Yang pasti saya akan beri tindakan," kata Murdhani.

No comments:

Post a Comment