Tuesday, August 07, 2012

Polisi 'Diam' Saat Imigran Gelap Kabur, Polisi: Mereka Bukan Pelaku Kejahatan

Detik.com - Dalam peristiwa kaburnya para imigran dini hari tadi, polisi seakan-akan tak berdaya. Penegak hukum berbaju coklat itu seakan membiarkan saja para imigran itu dengan mudahnya dan leluasa bisa kabur.

"Kami tak bisa berbuat lebih karena mereka bukan tahanan atau pelaku kejahatan," kata AKBP Soelistyo saat dihubungi detiksurabaya.com, Senin (30/7/2012).

Kasi Gakkum Polair Polda Jatim itu mengatakan, karena bukan tahanan atau pelaku kejahatan, pihaknya tak bisa mengkasari para imigran gelap tersebut. Polisi juga tak bisa mengekang mereka dengan borgol. Polisi hanya melakukan pengawalan saja ke tempat mereka berada.

"Pada saat mereka enggan naik ke bus dan memilih berjalan kaki, kami tak bisa memaksa mereka," tambah Soelistyono.

Jika perlakuan kasar atau intimidasi dilakukan, maka polisi akan menjadi pihak yang disalahkan. "Kalau kami kasar, bisa 'mati' kami," tukas Soelistyono.

Situasi mungkin berubah jika para imigran itu terlebih dahulu berbuat kasar seperti menyerang petugas atau merusak bangunan. Jika hal itu terjadi, polisi berhak melakukan tindakan yang diperlukan.

"Saat itu kan para imigran sempat mengancam akan memecahkan kaca mako, jika itu terjadi maka itu sudah menjadi tindakan pidana. Kami bisa menindaknya. Untungnya itu tidak terjadi," tandas Soelistyono.

No comments:

Post a Comment