Wednesday, December 22, 2010

Wakil Bupati Batubara Mengamuk di UI

Liputan6.com - Ketenangan di kampus Universitas Indonesia Depok, Jawa Barat, Selasa (21/12) berubah tegang. Wakil Bupati Kabupaten Batubara Gong Matua Siregar mengamuk. Gong bahkan menggebrak-gebrak meja saat bertemu pihak UI terkait kekisruhan penyelenggaraan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) yang melibatkan UI.

Amarah Gong memuncak karena kecewa Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri tak hadir dalam pertemuan. Dengan nada emosi pula ia meminta Humas UI Vishnu Juwono dan Kepala Bagian Hukum UI Retno Murniati menghadirkan sang rektor dalam pertemuan. Sejumlah orang yang merupakan anak buah Gong ikut bereaksi atas ketidakpuasan mereka terkait tender pengadaan materi soal ujian.

Gong Matua menilai materi ujian CPNS Kabupaten Batubara, Sumatra Utara yang dikeluarkan UI Depok tak sesuai standar dan persyaratan administratif. Ia pun menuding adanya kolusi miliaran rupiah yang melibatkan kampus UI dengan Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain. Sebab memaksakan pembuatan materi soal tetap dilakukan kampus UI.

Mereka juga menuding adanya suap dan sogok menyogok antara calon peserta dan panitia pelaksana. Prosesnya sambil membeberkan fotokopian kwitansi uang puluhan juta agar diterima sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Vishnu dan Retno membantah semua tudingan itu. UI tetap berpegang pada surat perjanjian yang dikirimkan Ok Arya dua hari sebelum pelaksanaan seleksi CPNSD, 13 Desember silam. Seleksi CPNSD pun berlangsung pada 15 Desember 2010 dengan materi soal dari kampus UI.

Kekisruhan pelaksanaan seleksi CPNSD Batubara bermula saat Gong Matua menjabat pelaksana tugas bupati karena OK Arya sedang melaksanakan ibadah haji. Saat sebagai pelaksana tugas Gong Matua membatalkan perjanjian kerjasama dengan UI untuk membuat materi soal CPNSD dan menggandeng Universitas Padjajaran membuat materi soal.

Namun ternyata setelah kembali ke Tanah Air Ok Arya langsung kembali membuat perjanjian dengan UI untuk bekerjasama pembuatan materi soal. Gong Matua dan rombongan berunjuk rasa di kampus UI atas ketidakpuasan mereka. Sejumlah poster dibentangkan depan rektorat UI. Bahkan mereka juga sudah melaporkan ke Polda Sumut terkait dugaan suap pelaksanaan CPNSD.

No comments:

Post a Comment