Saturday, February 19, 2011

2011, Kodam Siliwangi Akan Latih Semi Militer 8.300 Santri

Detik.com - Selama tahun 2011 ini, Kodam III Siliwangi menargetkan 8.300 santri akan mendapatkan Pelatihan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). Pangdam III Siliwangi membantah, kegiatan ini dilakukan karena adanya kejadian kekerasan di sejumlah daerah beberapa waktu belakangan.


"Bukan karena itu. Sejak awal saya jadi Pangdam, saya sudah punya program ini," kata Pangdam III Siliwangi Mayjen Moeldoko.

Ia menjelaskan ada tiga lingkungan yang seharusnya mendapatkan PPBN, yaitu lingkungan pemukiman, pekerjaan, dan pendidikan.

"Pesantren ini bagian dari pendidikan, tujuannya untuk membentuk generasi muda yang berwawasan kebangsaan. Ya setidak-tidaknya mereka pernah mendapatkan teori kepemimpinan," katanya.

Moeldoko mengatakan, nantinya bisa saja PPBN ini diberikan tak hanya untuk kalangan pesantren namun juga untuk lintas agama lainnya. "Ya nanti bisa juga, lihat nanti progresnya untukk PPBN lintas agama," tuturnya.

Untuk PPBN di pesantren, Moeldoko menyebut tahun ini ditargetkan dapat melatih sekitar 8.300 santri di Jabar. "Jadi setelah ini danrem dan dandim juga akan menyelenggarakaN. Tahun ini diproyeksikan peserta mencapai 8.300 orang," kata Moeldoko.

No comments:

Post a Comment