Sunday, May 19, 2013

Masjid Ahmadiyah di Tulungagung Dirusak Massa

Detik.com - Sebuah masjid milik Ahmadiyah di Desa Gempolan, Kecamatan Pakel, Tulungagung dirusak massa. Pengrusakan yang menyebabkan kaca-kaca masjid pecah itu kedatangan seorang mubaligh Ahmadiyah dari Bogor.

Aksi penyerangan masjid milik Ahmadiyah ini dibenarkan petugas jaga Polsek Pakel. Saat dihubungi detikcom, Jumat (17/5/2013), anggota yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan, penyerangan terjadi, Kamis (16/5/2013) sekitar pukul 21.30 WIB.

PJ Kepala Desa Pakel Lamini kepada wartawan menceritakan, insiden penyerangan itu terjadi saat Jakfar, Ketua Ahmadiyah Tulungagung yang rumahnya dekat dengan lokasi masjid kedatangan tamu dari Bogor yang menginap selama 4 hari.

Mubaligh bernama Rizal Fazli Mubarrok itu menginap di masjid tanpa meminta izin ke warga, maupun melapor RT dan RW. "Tamu tersebut menginap dan salat di masjid. Kedatangan tamu itu membuat warga resah," kata Lamini.

Takut ajaran Ahmadiyah berkembang di desanya, warga kemudian melaporkan adanya tamu tersebut ke kepala desa. Setelah itu, perangkat desa melakukan mediasi dengan Jakfar.

Namun, tambah Lamini, mediasi tersebut tidak menemukan hasil, karena saat ditanya siapa yang bertanggungjawab dengan masjid yang berada di dekat rumahnya, Jakfar menjawab tidak tahu.

Karena kesal dengan jawaban tersebut, warga pun akhirnya melakukan pengrusakan dengan melempari masjid dengan batu. Akibatnya, sejumlah kaca pecah dan bangunan rusak.

No comments:

Post a Comment