Friday, August 19, 2016

Agar tidak berpolemik, AP II copot lukisan bergambar DN Aidit

Merdeka.com - Agar tidak menjadi polemik berkepanjangan, PT Angkasa Pura II akhirnya mencopot lukisan bergambar Ketua Komite Sentral Partai Komunis Indonesia (PKI) Dipa Nusantara Aidit. Pencopotan dilakukan sejak sore tadi.

"Saat ini lukisannya sudah kita turunkan supaya tidak polemik, kontroversi dan simpan dulu," ungkap Plt Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (12/8).

Djoko memastikan, lukisan yang memasukkan sosok pemimpin PKI tersebut hanya satu buah. Jika terdapat pelanggaran, pihaknya tak akan memamerkan kembali gambar yang berisi tokoh-tokoh nasional tersebut.

"Kalau nanti hasil penjelasan dari kurator dan pelukisnya ternyata tidak sejalan dengan konsep bandara ini ya kita batalkan penayangan," katanya.

Sebelumnya, pameran foto digelar PT Angkasa Pura 2 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Salah seorang penumpang melihat ada salah satu foto menampilkan wajah tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit.

"Di Terminal 3 Soekarno Hatta ada fotonya D. N Aidit?," kicau Hidayat Adhiningrat dikutip dalam akun twitternya @Big_Days, Jumat (12/8).

Dalam foto kolase ini, wajah Aidit disandingkan dengan pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari, wajah presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Kemunculan foto Aidit tersebut juga mendapatkan perhatian dari aparat kepolisian. Rencananya, Mabes Polri akan menerjunkan tim untuk menyelidiki keberadaan gambar tersebut.

PT AP II pun mengaku kesalahannya telah meloloskan gambar tersebut hingga dipajang di pelataran Terminal 3 Ultimate. Tak hanya itu, perusahaan pelat merah ini juga menyampaikan permohonan maaf atas kelalaiannya.

No comments:

Post a Comment