Friday, June 24, 2016

Khawatir Jadi Sasaran Teroris, Tiga Anak Tito Tinggal di Singapura

Kompas.com - Calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal Tito Karnavian dikenal sebagai polisi ahli terorisme. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror, satuan khusus milik Polri yang berfungsi menindak para teroris.

Setelah itu, Tito jadi salah satu Deputi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Dan kini, setelah dua kali menjabat Kapolda, pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan itu duduk sebagai Kepala BNPT.

Tito kerap terlibat operasi penindakan terorisme. Dia mengakui hal tersebut berisiko. Tak hanya bagi dirinya, tapi juga keluarga.

Bahkan, menurut istri Tito, Tri Suswati, keluarganya acap mendapat 'Teror'. Mulai pesan singkat (SMS) yang bernada mengancam, telepon gelap sampai dikerjai.

"Pernah suatu hari habis sekolah anak, saya ditelepon sopir. Ban mobil lepas dua. Kok sampai begitu, kok bisa terjadi demikian," ujar Tri saat ditemui di rumah dinas Tito di Kompleks Polri Ragunan, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Namun Tri enggan berburuk sangka dan menuding pihak tertentu. Ketimbang berpikir terlalu jauh, Tri memilih tak memedulikan telepon gelap dan SMS teror.

Sementara itu, Tito mengatakan keisengan itu cukup mengusik dirinya dan keluarga. Hal itu menjadi salah satu pertimbangan Tito membawa keluarganya ke Singapura, pada 2011.

Apalagi, ketika itu, Tito jadi salah seorang polisi yang ditarget oleh teroris 'bom buku'.

(Baca: Pimpinan Komisi III Sebut Keluarga Tito Hidup Sederhana)

Saat menempuh studi S-3 di Singapura, Tito memboyong istri dan anaknya. Ketika Lulus dan bergelar Ph.D, Tito dan istri kembali ke Tanah Air, sementara tiga anaknya tetap di negeri jiran tersebut. Yang sulung kini kuliah, dua lagi duduk di bangku SMA.

"Saya bisa mengelak kesana kemari, tapi istri dan anak saya bagaimana. Maka anak concern di Singapura saja," ujar Tito.

Tak Pernah Membayangkan

Dalam kesempatan itu, kepada wartawan, sebagai perempuan Tri mengaku tak pernah membayangkan bakal menjadi istri Kapolri. Ia berkisah, dulu kerap ikut kegiatan istri Kapolri Jenderal Roesmanhadi. Di situ lah dia tahu bahwa menjabat Kapolri itu tak mudah.

Menurut dia, tugas Kapolri sangat berat dan relatif banyak. "Ada banyak kasus kejahatan, bom meledak. Sekarang tidur tenang saja, apa boleh buat Allah telah menggariskan. Saya tidak akan berubah," kata Tri.

Tito ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun.

Nama dia secara resmi diserahkan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk disetujui, 15 Juni 2016 kemarin.

Siang tadi, Komisi III DPR berkunjung ke kediaman Tito. Kunjungan tersebut dalam rangka memproses pencalonan pria berusia 51 tahun itu. Sedangkan uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan pada Kamis (24/6/2016) besok.

Jika tak ada halangan, pada pukul 20.00 WIB di hari yang sama akan diambil keputusan apakah Tito sudah layak menjadi Kapolri.

No comments:

Post a Comment